Macam-macam smash bola voli dan penjelasannya

pengertian smash bola voli dan macam-macam smash bola voli

Macam-macam smash bola voli dan penjelasannya



Bola voli adalah permainan antara 2 grup pemain dengan luas lapangan tertentu dan dipisahkan oleh net atau jaring. Untuk mendapatkan poin pain harus bisa menjatuhkan bola ke daerah lawan atau bisa mendapatkan poin jika lawan melakukan kesalahan yaitu mengeluarkan bola dari lapangan. Salah satu cara memasukkan bola ke daerah lawan adalah dengan teknik smash. Untuk melakukan smash biasanya pemain perlu umpan bola dari temannya yang disebut passing.

Tapi tahukah kalian apa itu smash? Ada berapakah macam-macam smash? Dan apa saja? Smash adalah usaha yang dilakukan oleh pemain secara keras dan cepat yang bertujuan agar bola tidak dapat dibendung lawan dan masuk ke daerah lawan, sehingga mendapatkan poin. Ada banyak macam smash di dalam bola voli, berikut adalah macam-macam smash bola voli beserta penjelasannya:

1. Open


Smash open adalah smash yang gerak awalannya dilakukan saat bola lepas dari tangan pengoper dan pukulan dilakukan saat smasher mencapai puncak maksimal lompatan dan bola berada pada jangkauan lengan smasher yang tertinggi.

2. Semi


Smash jenis smash adalah smash yang dilakukan bola dipassing ke arah pengumpan maka pemukul mulai bergerak ke depan kearah pengumpan secara perlahan dan dengan langkah yang tetap. Begitu pengumpan menyajikan bola untuk dismash maka pemukul dengan secepatnya melompat dan memukul bola dengan posisi bola berada di ketinggian 1m diatas tepi net. Dalam smash jenis semi, kecepatan gerak lebih cepat dibandingkan smash jenis open

3. Quick


Begitu melihat bola passing ke pengumpan, pemukul dengan secepatnya melakukan gerakan dengan langkah yang panjang. Timing meloncat adalah saat sebelum bola diumpan dengan jarak jangkaun satu lengan pemukul dengan bola yang diumpan. Saat pemukul melayang dengan tangan siap memukul, pengumpan menyajikan bola didepan tangan pemukul. Lakukan dengan gerakan secepat-cepatnya, lakukan gerakan yang cepat pada pergelangan tangan untuk mendapatkan hasil yang baik. Loncatan yang dilakukan smasher adalah vertikal, jagalah keseimbangan tubuh saat melayang.

4. Straight


Sebelum melakukan gerakan awalan, smasher bergerak keluar lapangan mendekati tiang net. Smasher melakukan gerakan dengan arah paralel dengan jaring. Saat bola sampai ditepi jaring dengan ketinggian optimal bola, maka pemukul dengan secepatnya melompat dan memukul bola. Teknik ini dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan smash jenis semi.

5. Drive


Smash drive, smash yang biasa dilakukan saat bola jauh dari net, saat meloncat smasher berada didekat bawah bola, hal ini berbeda dengan loncatan saat melakukan smash normal. Bola yang akan dismash berada dibawah lengan bahu kanan pumukul. Gerak lecutan tangan dari arah depan atas yang diputar berlawanan arah jarum jam dan membentuk lengkungan cekung seperti sendok. Cambukan keras dari arah belakang dan aktifkan gerakan pergelangan tangan. Cambukan harus dibantu dengan otot² perut samping dan bahu. Akibatnya jalan bola akan panjang dan putaran bola menjauhi net. Bola bergerak dengan cepat dan tajam.

6. Dummy


Pemain melakukan gerakan sama pada waktu akan melakukan smash. saat kontak dengan bola, bola hanya disentuh dengan jari tangan. Lengan pemukul tetap bergerak dan bola diarahkan kearah daerah yang tidak terjaga menggunakan jari tangan. Bola dapat dilambungkan pendek atau panjang sesuai kondisi atau situasi.

7. Bola 3 meter


Smash bola 3 meter adalah smash yang dilakukan dibelakang garis serang, pemukul yang berfungsi sebagai pemain belakang tidak boleh sampai menginjak atau melewati garis serang. Tetapi saat pemukul mendarat, pemain bolah mendarat/jatuh menginjak atau masuk garis serang.

8. Kijang


Biasanya menggunakan umpan bola back. Pemukul bergerak dengan langkah panjang dan meloncat dengan satu kaki. Pemukul tangan kanan melakukan tolakan dengan kaki kiri.

9. Double Step


Smash double step adalah smash dengan gerakan tipuan disaat loncatan pertama yang digunakan untuk mengecoh blocker dan smash yang sebenarnya dilakukan di loncatan kedua. Loncatan pertama sebenarnya bukan loncatan tapi hanya gerakan yang seolah-olah akan meloncat.

10. Step L


Smash ini hanya berbeda pada gerakan awalannya dari smash normal. Pemukul melangkah kedepan lalu kesamping dan baru setelah itu melompat untuk melakukan smash.

Baca juga:




Post a Comment for "Macam-macam smash bola voli dan penjelasannya"