Macam-macam gaya renang beserta penjelasannya

Macam-macam gaya renang beserta penjelasannya



Renang adalah olahraga yang ada sejak dulu, hal ini dibuktikan ditemukannya gambar-gambar aktivitas renang di suatu gua.
Didalam lomba olahraga renang, siapa yang dapat menyelesaikan jarak lintasan yang ditentukan dan menggunakan gaya tertentu dengan cepat maka di pemenangnya. Yang tercepat adalah pemenangnya.
Untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal dari seorang perenang, dia perlu menguasai gaya renang dengan sebaik mungkin. Secara umum ada 4 macam gaya renang yang sering dilombakan, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

1. Renang Gaya bebas


macam-macam gaya renang
Renang gaya bebas merupakam renang dengan dada yang menghadap ke permukaan air. Kedua tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sedangkan kaki bergantian dicambukkan ke atas dan ke bawah.
Saat berenang gaya bebas, wajah menghadap ke permukaan air. Pernafaan dilakukan saat lengan tangan digerakkan keluar air dan badan menjadi miring, saat itulah kepala dipalingkan mengikuti miring badan. Dibandingkan dengan gaya renang lainnya, renag gaya bebas ini dapat membuat kita berenang dengan laju yang cepat.

2. Renang gaya dada


macam-macam gaya renang
Renang gaya katak atau biasa disebut renang gaya bebas merupakan gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air dan tubuh dalam keadaan tetap. Kedua kaki ditendang keluar dan tangan diluruskan ke depan. Kedua tangan dibuka ke samping seperti membelah air supaya tubuh dapat melaju. Gerakan tubuh meniru gerakan katak yang sedang berenang, sehingga disebut gaya katak. Pernafasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air setelah 1-2 gerakan tangan dan kaki. Renang gaya dada merupakan gaya renang yang populer karena posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada diluar air dengan lama.

3. Renang Gaya punggung


macam gaya renang
Renang gaya punggung adalah renang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan tangan dan kaki sama dengan gaya bebes, tetapi ini dengan keadaan telentang. Kedua tangan secara bergantian diayunkan dari jauh didepan ke arah bawah lalu ke pinggang. Mulut dan hidung berada di luar permukaan air sehingga dapat dengan mudah mengambil/membuang nafas.
Saat start lomba renang gaya punggung berbeda dengan start gaya bebas, gaya katak, atau kupu-kupu. Start renang gaya punggung dilakukan di dalam kolam dengan posisi menghadap ke dinding. sedangkan kedua tangan berpegangan pada besi pegangan, kaki ditekuk dan berada di antara lengan tangan, dan kedua telapak kaki bertumpu pada dinding kolam.
Gaya renang adalah gaya yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas.


4. Renang gaya kupu-kupu


macam gaya renang
Renang gaya kupu-kupu juga bisa disebut dengan renang gaya lumba-lumba, karena gerakan kaki renang gaya kupu-kupu sama seperti lumba-lumba. Renang gaya kupu-kupu ini dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, lengan diayunkan di dalam air dari depan ke belakang. sebelum tangan diayunkan fi atas permukaan air dari belakang ke depan, tangan dibuka ke samping. Pada saat tangan diayunkan ke belakang secara bersamaan, kedua kaki ditekan ke bawah. Gerakan tangan dan kaki ini digunakan agar badan maju ke depan atau keatas untuk mengambil nafas. Saat kepala masuk ke dalam air, tangan mengikuti masuk dan kaki menekan ke bawah. Gerakan kaki naik turun seperti ekor lumba-lumba. Udara di hembuskan saat berada dalam air dan menarik nafas saat di luar air.
Bagu pemula renang gaya kupu-kupu merupakan gaya yang sulit untuk dikuasai tidak sama seperti gaya renang lainnya yang mudah dikuasai.

Demikian penjelasan yang saya sampaikan. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

1 comment for "Macam-macam gaya renang beserta penjelasannya"

DIAN"S BLOG 29 November 2018 at 07:59 Delete Comment
Bgus