Pengertian Lompat Jauh beserta Sejarah, Teknik, dan Gayanya

Pengertian Lompat Jauh beserta Sejarah, Teknik, dan Gayanya

Pengertian Lompat Jauh beserta Sejarah, Teknik, dan Gayanya


Olahraga ini juga merupakan jenis olahraga yang sering kali di terapkan di sekolah. Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dengan usaha agar badan melayang di udara untuk menempuh jarak lompat sejauh-jauhnya. Dibawah ini saya akan menjelaskan sejarah, pengertian, teknik, dan berbagai macam gaya lompat jauh.

A. Sejarah Singkat Lompat Jauh

Sejarah lompat jauh sudah ada sejak 13 abad yang lalu tepatnya 708 Masehi saat diadakan olimpiade kuno di Yunani. Sejarah juga mencatat bahwa olahraga ini pernah dimainkan oleh peserta Spartan dengan hasil lompatan sepanjang 7,05 m.
Awalnya lompat jauh yang diadakan di olimpiade kuno ditujukan untuk latihan militer perang, karena lompat jauh dipercaya dapat meningkatkan ketangkasan prajurit perang dalam melompati rintangan seperti jurang dan parit.
Lompat jauh zaman dulu dan zaman sekarang sudah berbeda. Lompat jauh zaman dulu diawali dengan start lari pendek dan harus membawa beban di kedua tangannya (dikenal dengan nama helteres) dengan berat 1-4,5 kg

B. Pengertian Lompat Jauh

Lompat jauh adalah suatu olahraga yang dilakukan dengan gerakan melompat ke depan atas dengan usaha agar badan melayang di udara untuk menghasilkan jarak lompatan yang sejauh-jauhnya. Lompat jauh merupakan salah satu olahraga atletik yang populer dan sering di perlombaan di perlombaan tingkat internasional. Jarak lompatan di ukur dari papan tolakan sampai ke batas terdekat letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh tubuh.

C. Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik dasar terbagi menjadi 4 hal yaitu: awalan, tolakan, melayang di udara, dan pendaratan. Untuk mendapatkan lompatan terjauh perlu menyerasikan keempat teknik dasar tersebut.

1. Awalan
Teknik awalan lompat jauh adalah dengan berlari dari lari pelan sampai lari cepat. Kecepatan lari harus terkendali dan memungkinkan untuk dapat melakukan tolakan dan tidak sampai melewati garis tolakan. Disaat berada pada jarak 3-5 langkah dari papan tolakan kamu harus mengganti kecepatan dan memperkirakan jarak langkah agar dapat melakukan tolakan dengan kaki yang ingin digunakan untuk tolakan.

2. Tolakan
Setelah melakukan awalan, yang harus dilakukan adalah melakukan tolakan. Tolakan dilakukan agar tubuh terangkat ke atas dan melayang di udara. Tolakan sangat berpengaruh terhadap jarak lompatan yang di peroleh. Tolakan dilakukan dengan kaki yang terkuat. Tolakan yang baik membutuhkan nb kecepatan, ketepatan, kekuatan, dan koordinasi gerakan yang memadai.

3. Melayang di udara
Disaat tubuh melayang di udara usahakan untuk tetap menjaga keseimbangan dan tahanan udara sekecil mungkin. Selain itu juga perlu mempersiapkan kaki untuk pendaratan.

4. Pendaratan
Hal terakhir yang perlu dilakukan untuk lompat jauh adalah pendaratan. Pendaratan dilakukan dengan cara menundukkan kepala, mengayunkan tangan ke depan, dan membawa pinggang ke depan. Hal tersebut dilakukan agar.

D. Gaya lompat jauh

Gaya lompat jauh adalah gaya yang dilakukan saat melayang di udara. Berikut 4 gaya lompat jauh yang saya bahas:
1. Gaya jongkok (Ortodok)
Gaya jongkok ini dilakukan agar kita bisa mencapai kecepatan maksimum saat ingin melompat. Gaya jongkok ini dilakukan dengan cara menekuk lutut ke atas saat badan mulai melayang di udara dan saat akan mendarat dimulai dengan tumit yang sedikit di tekuk.
2. Gaya menggantung (schnepper)
Gaya lompatan ini di lakukan dengan badan tegap. Kecepatan saat akan melakukan tolakan tidak berubah. Saat melayang di udara kaki diayunkan ke depan dan belakang bersamaan dengan kedua lengan. Saat akan melakukan pendataan, kaki diluruskan ke depan dan tumit mendarat terlebih dahulu.
3. Gaya berjalan di udara (walking on the air)
Gaya ini merupakan gaya yang biasa dilakukan oleh para atlet. Gaya berjalan di udara ini dilakukan dengan sedikit menurunkan pinggang, paha dan kaki di ayukan secara bebas. Saat melakukan tolakan luruskan lutut, sendi mata kaki, dan pinggang. Saat melayang di udara berjalanlah seperti di tanah. Lalu tarik badan dan tangan ke depan bawah serta ulurkan kaki sesaat saat melakukan pendaratan.

Untuk melakukan teknik-teknik lompat jauh kalian memerlukan latihan yang rutin. Dengan itu kalian akan benar-benar menguasai teknik-teknik tersebut. Sekian terima kasih...

Baca juga:
Macam-macam gaya jongkok dan cara melakukannya





Post a Comment for "Pengertian Lompat Jauh beserta Sejarah, Teknik, dan Gayanya"