Pengertian Footwork Bulu tangkis

Pengertian Footwork Bulu tangkis

pengertian footwork dalam bulu tangkis

Badminton atau biasa disebut bulu tangkis merupakan olahraga yang memiliki banyak peminat yang tersebar di seluruh dunia. Olah raga ini menggunakan raket dan shuttlecock sebagai alat utama dan dimainkan oleh dua orang untuk permainan tunggal dan empat orang (2 pasang) untuk permainan ganda. Olahraga ini memiliki 5 tipe permainan, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Secara harfiah bulu tangkis berasal dari dua kata yaitu bulu dan tangkis. Kata "bulu" diambil dari wujud shuttlecock yang berasal dari bulu angsa. Dan tangkis diambil dari kata menangkis, yang berasal dari gerakan tangkis-menangkis pergerakan shuttlecock tersebut.

Teknik dasar bulu tangkis
Pada awal karir seorang pemain bulu tangkis di tingkat manapun harus menjalani dan melewati masa pembinaan terlebih dahulu. Dan baru setelah itu pemain pelatih atau intansi yang membina mereka menerjunkan mereka ke lapangan jika mereka sudah dianggap layak. Dalam permainan bulu tangkis terdapat teknik-teknik yang harus diketahui dan dikuasai oleh setiap pemain sebagai modal dasar atau modal awal untuk menjadi pemain bulu tangkis yang profesional. Salah satu teknik yang harus dikuasai untuk menjadi pemain bulu tangkis adalah langkah kaki atau biasa disebut dengan footwork.

Footwork

Teknik footwork adalah teknik langkah kaki yang jika dilakukan dengan posisi yang benar maka akan menghasilkan pukulan yang berkualitas. Footwork juga akan membuat kita lebih efisien untuk menjaga stamina. Dengan melakukan gerakan langkah yang benar kita tidak perlu membuang banyak tenaga. Pemain harus mengatur posisi dengan cepat untuk mengembalikan shuttlecock dengan pukulan yang berkualitas. Oleh karena itu pemain harus memiliki kecepatan dan kelincahan yang teratur atau disebut dengan footwork.

Faktor yang perlu diperhatikan untuk melakukan footwork dengan baik adalah senantiasa berdiri dengan sikap dan posisi yang tepat saat berada di lapangan. Lakukan gerakan melangkah ke depan, belakang, samping kanan dan kiri sambil memukul kok dan selalu perhatikan keseimbangan tubuh. Usahakan selalu berdiri dengan kaki jinjit atau tumit kaki tidak menempel lantai. Hal ini dilakukan agar gerakan melangkah kita lebih cepat.


Baca juga: 

Post a Comment for "Pengertian Footwork Bulu tangkis"