5 Teknik dasar tolak peluru dan penjelasannya

5 Teknik Dasar dalam Tolak Peluru dan penjelasannya

teknik-teknik dasar tolak peluru dan penjelasannya

Tolak peluru adalah salah satu olahraga atletik yang sering dipertandingkan dalam tingkat nasional ataupun internasional. Olahraga tolak peluru adalah olahraga yang dilakukan dengan cara menolak peluru sejauh mungkin agar dapat memperoleh hasil lemparan sejauh-jauhnya. Untuk dapat melakukan lemparan sejauh-jauhnya atlit harus mengetahui teknik dasar menolak peluru yang baik dan benar. Berikut teknik-teknik dasar tolakan peluru yang harus diketahui:

  • Teknik memegang peluru
  • Teknik meletakkan peluru
  • Teknik awalan
  • Teknik menolak peluru


1. Teknik memegang peluru

 Teknik memegang peluru merupakan teknik dalam tolak peluru, jadi tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan. Memegang peluru dilakukan oleh jari-jari tangan di tengah telapak bagian dalam. Berikut penjelasan secara singkat bagaimana cara memegang peluru yang sempurna.

  1. Letakkan peluru diatas telapak tangan atau bisa di ujung telapak tangan yaitu telapak yang paling dekat dengan jari tengah.
  2. Renggangkan jari jari tengah, jari manis, dan jari telunjuk agar bisa menahan dan memegang peluru
  3. Ibu jari dan jari kelingking berfungsi menahan peluru dari samping agar peluru tidak tergelincir keluar atau ke samping


2. Teknik meletakkan peluru

Jangan salah, meletakkan peluru juga merupakan teknik dasar tolak peluru. Sebagai seorang atlit memanglah harus mengetahui setiap teknik dasar tolak peluru, termasuk teknik meletakkan peluru. Berikut bagaimana cara meletakkan peluru yang baik dan benar.

  1. Berdiri dengan posisi kaki kanan di depan garis belakang dan kaki kiri di samping kiri dengan lebar selebar bahu dan satu garis lurus dengan arah lemparan.
  2. Pegang peluru dengan tangan kanan menggunakan teknik memegang peluru yang benar
  3. Perletakkan peluru tentu dapat diletakkan dengan baik oleh tangan pemegang peluru
  4. Tempatkan peluru di garis pembatas antara leher dan bahu, saat membuka rentangkan lengan segaris dengan bahu.
  5. Tekuk sedikit lengan kiri di bagian depan dada
  6. Rilekskan kaki kiri dan tumpuan di ujung kaki kiri


3. Teknik Awalan

Teknik awalan merupakan teknik dasar tolak peluru yang penting dan harus dilakukan dengan baik dan benar. Karena teknik ini adalah tahapan yang krusial dalam sebuah persiapan olahraga tolak peluru dan teknik ini menghasilkan rangkaian gerakan yang benar secara kontinyu jika dilakukan dengan benar. Sebelum melakukan gerakan awalan pastikan posisi kaki, lengan, dan bahu dalam posisi benar. Berikut bagaimana persiapan posisi melakukan awalan teknik tolak peluru:

  1. Kaki kanan di depan dan kaki kiri tetap diposisi kiri dengan lebar antar kedua kaki selebar bahu dan segaris dengan arah lemparan.
  2. Pegang peluru menggunakan tangan kanan dengan teknik yang benar
  3. Letakkan peluru di batas leher dengan benar
  4. Letakkan lengan kiri di depan dada dan sedikit di tekuk
  5. Tumpuan berat badan ada pada kaki kanan dan badan agak dicondongkan ke arah kanan
  6. Ayunkan kaki kiri ke depan dan kebelakang
  7. Setelah mengayunkan kaki kiri sebagai gerakan awalan maka selanjutnya tekuklah sedikit kaki kanan lebih pendek
  8. Sewaktu melakukan ayunan kaki kiri dapat diarahkan ke arah kiri atau ke arah lemparan, barulah mendarat secepatnya dan bersamaan kaki kanan ditolakkan ke arah lemparan dan dilanjutkan dengan pendaratan.
  9. Ketika kaki kanan mendarat sebaiknya tubuh condong ke kanan.
  10. Usahakan peluru tidak bergeser pada pegangan saat melakukan gerakan-gerakan awalan sehingga tolakan dapat dilakukan dengan sempurna
  11. Saat hendak melakukan tolakan tubuh harus ke samping arah tolakan
  12. Letakkan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang dengan sedikit di tekuk
  13. Tumpuan berada di kaki kanan dan kaki kiri rileks dengan menjaga keseimbangan


4. Menolak peluru

Menolak peluru adalah teknik melemparkan peluru dengan benar dan tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut bagaimana cara melakukan teknik menolak peluru

  1. Tariklah siku menyerong ke belakang atas  bersamaan dengan tubuh yang memutar ke arah tolakan
  2. Dorong pinggul dan pinggang sedikit ke depan atas sampai dada terbuka ke arah tolakan
  3. Pandangan menuju ke arah tolakan
  4. Ketika dada dan seluruh tubuh menghadap ke tolakan barulah lakukan tolakan sekuat tenaga ke arah depan atas atau arah tolakan
  5. Bersamaan dengan menolakkan kaki kanan ke atas depan


5. Akhiran

Akhiran adalah teknik yang digunakan agar badan dalam posisi benar dan tidak mudah terjatuh.

Ketika peluru sudah ditolakkan tubuh harus condong ke depan tapi jangan sampai terjatuh dan keluar lapangan tolakan peluru. Untuk mencegah hal tersebut, kaki kanan dapat langsung di gerakkan ke arah depan.

Disaat melakukan pendaratan dengan kaki kanan, tariklah kaki kiri ke belakang. Tarik juga lengan kiri ke belakang supaya tubuh bisa dalam posisi dan gerakan yang seimbang.


Demikian informasi tentang teknik-teknik dasar tolak peluru dan penjelasannya. Untuk mencapai hal yang maksimal lakukan latihan yang rutin dan jangan sampai lelah untuk mencoba dan mencoba..

Baca juga:

Post a Comment for "5 Teknik dasar tolak peluru dan penjelasannya"