Tips-tips menjaga kesehatan mata

Tips-tips menjaga kesehatan mata

tips-tips menjaga kesehatan mata

Bukan hanya tubuh yang bisa merasakan kelelahan tapi mata juga bisa merasakan kelelahan. Bukan hanya tubuh yang perlu dijaga namun mata juga perlu dijaga, oleh karena itu mata dijaga kesehatannya agar mata tidak mudah lelah. Lewat mata kita bisa melihat, mengerti, mengetahui dan masih banyak hal lagi. Oleh karena itu mata adalah jendela dunia.

Pentingnya kesehatan mata
Perawatan mata sangat perlu dilakukan untuk orang yang sudah memiliki gangguan penglihatan maupun bagi orang yang memiliki mata sehat. Jadi menjaga mata perlu dipahami dan dipraktikkan selalu bagi siapapun.

Dari berbagai aktivitas mata selalu digunakan. Coba kita bayangkan kalau mata kita bekerja berjam-jam didepan komputer, membaca buku, bermain gadget, dan masih banyak aktivitas lainnya. Dan kita tidak menyadari betapa beratnya lelah mata ini. Maka perlu dilakukan perawatan khusus. Salah satu cara melakukan perawatan mata adalah dengan membuat mata kita beristirahat sejenak.

Cara menjaga kesehatan mata
Berikut adalah cara menjaga agar mata tetap sehat dan tidak memperparah gangguan penglihatan bagi orang yang sudah mengalami gangguan mata (rabun)


1. Merawat mata dengan menjaga jarak mata dengan objek

Cara menjaga mata yang pertama adalah dengan menjaga jarak mata ketika menonton televisi, main game, atau membaca buku. Menonton televisi dengan layar lebar memang lebih mengasyikkan tapi tidak menyehatkan bagi mata anak-anak. Anak yang terlalu sering menonton televisi dengan jarak dekat akan beresiko mata minus ketika anak itu tumbuh dewasa. Jarak aman untuk menonton televisi ukuran 14 inchi adalah 2 meter. Jadi untuk televisi dengan layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Sebaiknya gunakan tv dengan layar kecil untuk hiburan keluarga seperti ketika anak bermain game, PlayStation atau yang lainnya. Begitu juga saat membaca, janganlah dengan posisi terlalu dekat karena akan membuat mata tegang dan lelah. Gunakan penerangan yang cukup ketika sedang membaca, dan sebaiknya tidak membaca dengan tiduran.


2. Cara merawat mata dengan mengurangi penggunaan komputer

Jangan terlalu lama menggunakan komputer, tv, gadget, dan main game. Jika pekerjaan anda memang menggunakan komputer budayakan untuk rutin beristirahat dengan cara menjauh dari layar komputer. Misalnya setiap 30mnt-1jam rilekska atau berjalan-jalan sebentar sekitar 5 - 10 menit. Untuk menghindari mata kering, sering-seringlah berkedip dan alihkan pandangan keluar ruangan atau mengalihkan pandangan dari layar komputer.

Bagi orang yang bekerja menggunakan komputer cara merawat mata juga bisa menggunakan monitor lcd (liquid Cristal display) pada komputer. Penggunaan layar LCD cenderung lebih nyaman dan tidak membuat mata cepat lelah dibandingkan jika menggunakan monitor CRT (cathode Ray tube). Selain menggunakan layar lcd anda juga bisa menyeting refresh rate yang tinggi pada monitor anda.

Menonton televisi terlalu lama dapat membuat mata tegang dan lelah, selain itu juga radiasi yang terpancar dari layar tv dapat beresiko buruk pada mata. Anak-anak yang terbiasa nonton tv dan main console game berlebihan cenderung beresiko mengalami mata minus.


3. Hindari menggosok mata dengan kasar

Salah satu menjaga kesehatan mata adalah dengan menghindari menggosok mata dengan kasar. Ketika mata anda terasa gatal atau kemasukan sesuatu secara otomatis kita akan menggosok mata kita dengan mengucek mata. Hal ini boleh saja dilakukan tapi harus segera hati-hati dan jangan sampai terlalu berlebihan atau kasar, karena hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada mata.


4. Menggunakan kaca mata sebagai penangkal debu

Disaat kita beraktivitas di luar ruangan semisal berkendaraan di jalan, alangkah baiknya kita menggunakan pelindung mata seperti kacamata atau helm yang berkaca. Hal ini dilakukan untuk menghindari debu yang masuk ke mata karena debu yang masuk ke mata dapat mengakibatkan infeksi pada mata dan mengakibatkan gangguan penglihatan. Selain untuk menghindari debu yang masuk ke mata, kaca mata juga bermanfaat untuk kesehatan mata dengan menangkal sinar ultraviolet (UV). Sinar UV adalah salah satu penyebab utama mengerasnya lensa, katarak, dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Penggunaan kacamata dengan kaca gelap atau lensa gelap bisa menyaring sinar UV hingga 100% saat berada di luar ruangan. Selain menggunakan kacamata, kita juga dapat menggunakan topi untuk mengurangi paparan sinar UV.


5. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Merawat kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan makanan yang anda konsumsi. Untuk menjaga kesehatan mata makanan yang diperlukan adalah makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A. Sayur dan buah yang baik untuk menjaga kesehatan mata antara lain adalah wortel, alpukat, tomat, dan pepaya. Pada Wortel terkandung senyawa Beta karoten yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Senyawa Beta karoten ini juga bisa ditemukan pada labu kuning.


6. Memakan sayuran hijau.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sayuran hijau tua seperti, bayam dan brokoli atau bisa sayuran lain yang mengandung Lutein dan zaexanthin. Lutein dan zaexanthin adalah jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi resiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan pada pusat retina. Anda bisa mencoba dengan mengonsumsinya daun porsi sehari, misalnya dengan makan satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.


7. Mencukupi asupan antioksidan

Menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Makanan antioksidan misalnya berry, jeruk, plum, dan ceri. Makanan tersebut dapat membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas seperti sinar UV dan polusi, dan mengurangi resiko pengerasan lensa yang dapat menimbulkan katarak.


8. Mengonsumsi asam lemak omega 3

Tips menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon, Halibut, dan tuna. Terbukti bahwa asam lemak omega 3 yang terkandung dari ikan tersebut dapat melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering, serta mencegah katarak. Cobalah mengonsumsi ikan 2-3 porsi dalam seminggu dan kurangi mengkonsumsi daging merah yang diduga bisa meningkatkan resiko gangguan mata di usia tua.


9. Mengonsumsi multivitamin

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A memang baik untuk kesehatan mata, tapi jangan lupa juga untuk mengonsumsi multivitamin. National Eye Institusi menyatakan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, Beta karoten serta mineral tembaga dan seng dapat memperlambat penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak. Jika memang diperlukan, saat ini banyak suplemen makanan untuk menjaga kesehatan mata.


10. Kontrol gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol

Selain itu semua, mengontrol gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol juga merupakan menjaga kesehatan mata yang dapat dilakukan. Menjaga kadar gula, tekanan darah, dan kadar kolesterol dapat membantu menjaga mata dan seluruh tubuh anda tetap sehat.

Itulah tips-tips menjaga kesehatan mata yang dapat anda lakukan untuk mencegah gangguan penglihatan seperti rabun dan katarak. Bila sudah menjalani tips-tips tersebut tapi penglihatan tetap menurun maka periksakan mata anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Post a Comment for "Tips-tips menjaga kesehatan mata"