Cara melakukan passing atas bola voli

Cara melakukan passing atas bola voli


Bangunbadan.blogspot.com - Bermain bola voli membutuhkan teknik yang baik yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik dasar yang baik meliputi faktor kondisi fisik, mental, dan taktik. Selain dari kondisi fisik, mental, dan taktik, teknik dasar yang harus dikuasai oleh semua pemain adalah kekompakan dari seluruh pemain dalam tim. Jika dalam tim memiliki koordinasi yang baik antar pemain dan dengan dukungan dari penguasaan teknik dasar dari setiap pemain maka sudah dipastikan tim itu akan diperhatikan dan diperhitungkan oleh lawan..

Salah satu teknik yang wajib dikuasai pemain bola voli yang profesional adalah menguasai teknik passing bawah dan passing atas. Karena passing adalah aktivitas wajib yang dilakukan oleh pemain bola voli. Passing harus dilakukan dengan benar agar bola dapat mengarah ke teman satu tim yang dituju, karena kadang kala bola akan melenceng atau tidak mengarah ke sasaran yang tepat. Maka dari itu diperlukan banyak latihan passing bola voli.

Passing dalam bola voli ada 2 jenis, yaitu passing bawah dan passing atas. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu mengumpan bola ke teman satu tim. Nah, di artikel saya kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan passing atas yang benar dan tepat.

Cara melakukan passing atas bola voli


Passing bawah bola voli dilakukan jika bola datang dengan ketinggian di atas kepala. Berikut langkah-langkah melakukan passing atas bola voli dengan benar:

  1. Berdirilah dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu
  2. Tekuk sedikit kedua lutut sehingga badan agak rendah dan dibungkukkan ke depan
  3. Tumbuan berat badan berada di ujung kaki
  4. Pandangan ke arah datangnya bola
  5. Ketika bola datang, berpindahlah ke arah jatuhnya bola
  6. Angkatlah kedua tangan dengan lengan sedikit ditekuk dan jari-jari terbuka lebar dengan renggang sehingga membentuk sebuah mangkok
  7. Ketika bola sampai di atas badan, tekuk bagian siku dan posisi tangan berada di atas dahi, lakukan perkenalan bola dengan baik menggunakan jari-jari tangan
  8. Ketika bola menyentuh dengan jari-jari tangan, regangkan jari-jari tangan sehingga bola bisa memantul dengan baik, lalu lanjutkan dengan menggerakkan pergelangan tangan dan diikuti dengan meluruskan siku
  9. Saat mendorong bola, jari-jari yang paling dominan untuk digunakan adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah
  10. Akhiri gerakan mendorong dengan sedikit mengangkat tumit, menaikkan pinggul dan lutut, dan meluruskan kedua lengan
  11. Selalu jaga keseimbangan dan pandangan mengikuti ke arah gerakan bola
Cara melakukan passing atas bola voli


Sebenarnya langkah-langkah melakukan passing bawah bola voli terdapat 3 tahapan, yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara melakukan passing atas bola voli berdasarkan tahapan-tahapannya:

1. Tahap awal

Berdirilah dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu, kedua lutut sedikit ditekuk, dan berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan. Posisi kedua tangan diatas depan kepala dan jari-jari tangan terbuka dan direnggangkan sehingga membentuk sebuah mangkuk.

2. Tahap pelaksanaan

Saat bola mengenai jari-jari tangan, kedua lengan disorongkan ke depan menyongsong arah datangnya bola bersamaan kedua lutut, pinggul, dan tumit naik. Arah datangnya bola diusahakan tepat di tengah-tengah atas wajah. Perkenalan bola yang benar adalah pada jari-jari tangan dan jari-jari tangan yang paling dominan untuk mendorong bola adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.

3. Tahap akhir

Tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik, serta kedua lengan diluruskan ditambah dengan gerakan pergelangan tangan. Pandangan mengikuti arah gerakan bola. Dan tetap jaga keseimbangan
Demikian penjelasan tentang cara melakukan teknik passing atas bola voli.

Bila ada salah atau kurang silahkan berkomentar. Sekian terimakasih.

Baca juga:


Post a Comment for "Cara melakukan passing atas bola voli"