Posisi pemain-pemain sepak bola beserta tugasnya

Posisi pemain-pemain sepak bola beserta tugasnya

Posisi pemain-pemain sepak bola


Permainan sepak bola adalah permainan bola besar yang terdiri dari 2 tim dan setiap satu tim terdiri dari 11 pemain. Tujuan permainan ini adalah memasukkan. bola ke dalam gawang lawan. Pemenang akan ditentukan dengan jumlah gila yang dapat di cetak oleh setiap tim.


Untuk memasukkan bola ke dalam gawang diperlukan teknik-teknik dasar bermain sepak bola. Oleh sebab itu setiap pemain wajib menguasai teknik dasar bermain sepak bola. Selain menguasai teknik-teknik bermain sepak bola, setiap pemain juga wajib mengetahui posisi dan tugas pemain tersebut..


Didalam permainan sepak bola terdiri dari 11 pemain yang dibagi menjadi 4 posisi, yaitu:

  • Penjaga gawang/kiper : yang bertugas menjaga gawang agar tidak kemasukan bola
  • Pemain bertahan/bek : pemain yang bertugas membantu kiper dalam menjaga gawang diarea pertahanan 
  • Gelandang : pemain yang membantu pemain bertahan dan penyerang, pemain ini juga digunakan sebagai penghubung antara pemain bertahan dan penyerang
  • Pemain penyerang/striker : bertugas menyerang dan mencetak gol


Untuk lebih detailnya berikut akan saya jelaskan secara terperinci:


1. Penjaga Gawang / Goal Keeper (GK)

Penjaga gawang/Goal Keeper (GK) atau biasa disebut dengan kiper adalah pemain sepak bola yang berada di depan gawang yang bertugas menjaga gawang. Penjaga gawang adalah pemain yang satu-satunya diperbolehkan untuk menyentuh bola menggunakan tangannya asal dia berada di dalam kotak pinaltinya sendiri.

Posisi pemain penjaga gawang / kiper


Penjaga gawang biasanya diisi oleh pemain yang memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi, selain itu untuk menduduki posisi ini diperlukan pemain yang memiliki kecepatan yang tinggi, insting yang kuat, reflek yang cepat, dan juga bakat dalam menangkap bola untuk mencegah terjadinya gol.


Selain itu, penjaga gawang juga harus memiliki tendangan yang kuat untuk mengumpan bola ke teman satu tim yang berada jauh di depan tanpa melakukan kesalahan yang dapat merugikan tim sendiri.


Kriteria di atas harus dimiliki oleh seorang penjaga gawang, tanpa salah satu kriteria tersebut, maka akan sulit untuk menjadi penjaga gawang yang profesional.


Dalam permainan sepak bola, penjaga gawang memiliki 4 peran penting yaitu, menyelamatkan, membersihkan, mengarahkan pemain bertahan, dan mendistribusikan. Berikut penjelasan dari 4 peran penting tersebut:

  • Menyelamatkan (saving), merupakan tindakan apapun yang dilakukan untuk mencegah terjadinya gol seperti menangkap, menepis, dan meninju bola.
  • Membersihkan (clearing), adalah upaya yang dilakukan seorang kiper agar bola berada jauh dari area yang berbahaya
  • Mengarahkan pertahanan, selain menjaga gawang, kiper juga bertugas mengarahkan posisi pemain bertahan. Hal ini dikarenakan posisi penjaga gawang berada di bagian paling belakang sehingga dapat mengarahkan mereka
  • Mendistribusikan bola, yaitu keputusan yang diambil seorang kiper setelah melakukan penyelamatan. Entah menendang bola atau membuang bola.


2. Pemian bertahan / bek (Defender)

Pemain bertahan (defender) adalah pemain sepak bola yang berada di area pertahan yang bertugas untuk membantu kiper menjaga gawang. 

Posisi pemain-pemain sepak bola


Tugas lain dari pemain bertahan adalah menjaga kiper saat menguasai bola. Jadi pemain bertahan harus menganggap penjaga gawang adalah pemain penting yang tidak boleh didekati oleh pemain penyerang lawan. Selain itu pemain bertahan juga bertugas untuk mencegah serangan dari lawan serta melakukan blok tembakan dari pemain lawan.


Posisi pemain bertahan atau defender ini bisanya diduduki oleh pemain yang kuat, fit, pekerja keras, dan cepat untuk mengantisipasi serangan dari lawan.


Posisi bertahan atau bek ini dapat dibagi menjadi 4 macam. Berikut 4 macam posisi bertahan serta penjelasannya.


Pemain bertahan tengah / Center Back (CB)

Dalam formasi sepak bola 4-4-2 itu artinya terdapat 4 pemain bertahan. Berarti pemain center back (CB) adalah 2 orang bek yang berada di tengah


Tugas dari center back atau bek tengah adalah menjaga daerah pertahanan bagian tengah,  bek tengah biasanya berada di bagian belakang dengan kiper untuk mencegah terjadinya gol


Posisi ini biasanya diisi oleh pemain yang berani, kuat, dan memiliki kemampuan yang baik saat duel dengan pemain penyerang lawan.


Bek tengah yang memiliki skill menyundul bola yang baik bisa maju ketika terjadi tendangan bebas di area pertahanan lawan dan selalu maju ketika terjadi tendangan sudut di daerah lawan. Dan tentunya teknik menyundul ini akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya gol saat terjadi tendangan sudut diarea sendiri.


Bek samping / Full back

Bek samping adalah pemain bertahan yang bertugas mencegah terjadinya penyerang di sektor kanan dan kiri sesuai dengan posisi pemain tersebut. 


Pemain ini dibagi menjadi 2 berdasarkan posisinya, yaitu bek kanan / Right back (RB) dan bek kiri / left back (LB)


Bek sayap / Wing back (WB)

Wing back atau bek sayap adalah pemain belakang yang bisa bergerak maju sampai ke gawang lawan.


Bek sayap terbagi lagi menjadi 2 yaitu Left Wing Back (LWB) yang posisinya di bagian sayap kiri dan Right Wing Back (RWB) yang posisinya di bagian sayap kanan


Wing back bertugas untuk menjaga daerah pertahanan bagian sayap dan sesekali membantu maju melakukan serangan di bagian sayap dengan cara memberi serangan dukungan dan atau memberi umpan ke pemain penyerang


Biasanya posisi Wing Back ini diisi oleh pemain yang memiliki fisik yang kuat


Penyapu / Sweeper (SW)

Pemain penyapu atau Sweeper adalah pemain yang berada di bagian belakang tepatnya di depan penjaga gawang.


Biasanya pemain penyapu ada disaat formasinya memiliki 5 orang bek. Dan posisi penyapu atau Sweeper berada di belakang center back atau bek tengah untuk menyapu setiap kali bola lolos dari pertahanan timnya


Seorang Sweeper biasanya lebih banyak bergerak dibandingkan center back, hal ini dikarenakan penyapu harus selalu menutupi lubang yang terjadi di pertahanannya.


Seorang Sweeper harus memiliki kemampuan teknik merebut bola yang baik karena tugasnya hanya mengawasi dan mendeteksi adanya bahaya lalu menyapunya.


Pada masa dulu posisi ini sempat populer, tapi pada masa sekarang posisi ini sudah tidak populer dan sangat jarang digunakan dalam permainan sepak bola.


3. Gelandang / Pemain tengah (midfielder)

Gelandang adalah pemain sepak bola yang posisinya diantara bek dan penyerang. Tugasnya adalah sebagai penghubung antara pemain bertahan dan penyerang.  Selain itu juga mencegah agar serangan lawan tidak masuk ke area pertahanan tim sendiri. Sedangkan saat menyerang, pemain gelandang bertugas menggiring dan memberikan umpan ke pemain penyerang. 

Posisi pemain-pemain sepak bola


Karena pemain gelandang atau midfielder adalah sebagai penghubung antar pemain bertahan dan juga penyerang maka jarak yang ditempuh juga sangat jauh sehingga paling banyak menguras tenaga


Dalam pemain gelandang juga dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan tugasnya, berikut penjelasannya:


Gelandang bertahan / defending midfielder (DM)

Gelandang tengah adalah pemain tengah yang posisinya di belakang garis pertahanan dan di depan para pemain bertahan


Utama dari pemain gelandang bertahan adalah mencegah agar bola tidak sampai garis pertahanan


Pemain yang mengisi posisi ini haruslah pemain yang pandai merebut bola dari lawan, pandai memposisikan diri, dan memotong serangan dari pemain lawan.


Gelandang tengah / center midfielder (CM)

Gelandang tengah adalah pemain sepak bola yang berada di posisi tengah lapangan sesuai dengan namanya. 


Beberapa tugas dari center midfielder adalah:

  • Mengatur ritme permainan sepak bola
  • Menjaga sektor tengah 
  • Sesekali membantu pemain bertahan baik di tengah maupun di sayap
  • Membuatkan peluang untuk striker
  • Menghentikan serangan lawan


Gelandang serang / attacking midfielder (AM)

Attacking midfielder (AM) atau biasa disebut dengan gelandang serang pada umumnya memiliki skill mengontrol bola yang sangat baik. Dapat melewati pemain lawan sambil menggiring bola.


Posisi gelandang serang sama dengan posisi playmaker, namun memiliki peran yang berbeda.


Pemain gelandang serang biasanya diduduki oleh orang yang terampil dalam menciptakan pola serangan yang strategis. Pemain ini juga terampil dalam mendistribusikan bola. Oleh sebab itu gelandang penyerang bisa dikatakan sebagai otak dari sebuah tim.


Karena playmaker adalah otak dari sebuah kesebelasan maka dia harus membuat keputusan yang bijak. Biasanya pemain playmaker memakai Jersey bernomor punggung 10.


Gelandang sayap (Winger)

Gelandang sayap atau Winger adalah pemain gelandang yang posisinya berada di sisi lapangan.


Pemain sayap atau Winger dibagi menjadi 2, yaitu sayap kanan / Right Winger (RW) dan sayap kiri atau left Winger (LW). Posisi ini biasanya ada dalam formasi 4-3-3 dan 4-5-1


Tugas dari pemain sayap ini sama persis dengan pemain gelandang, yang membedakan hanyalah posisi mereka yang terletak di sisi lapangan.


Pemain sayap atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut dengan Winger adalah pemain tengah atau gelandang yang posisinya di sisi lapangan.


Pemain yang menduduki posisi ini harus memiliki kecepatan yang tinggi, kemampuan menggiring bola yang sangat baik, dan mampu melewati psemain lawan dengan baik.


Seorang pemain sayap saat ini sangat fleksibel, merak bisa menyerang dari tengah lapangan dan terkadang juga bisa biralih menjadi penyerang 


4. Penyerang / Forward

Pemain penyerang / Forward adalah pemain yang posisinya paling dekat dengan gawang lawan. Tugas dari penyerang adalah mencetak gol.

Posisi pemain-pemain sepak bola


Terdapat tiga hal utama yang perlu dimiliki oleh pemain penyerang, yaitu teknik, kecepatan, dan bakat. Tanpa salah satu dari tiga hal tersebut maka akan susah menjadi pemain yang handal. Pemain penyerang juga harus memiliki naluri dan konsentrasi yang tinggi.


Pemain penyerang tidak melakukan banyak pergerakan seperti pemain bek dan gelandang, tapi pemain penyerang harus selalu siap menerima bola dan mengubahnya menjadi gol.


Dalam permainan sepak bola, pemain penyerang atau forward dibagi menjadi beberapa, sesuai dengan posisi dan perannya. Berikut penjelasannya:


Penyerang Tengah / Center Forward (CF)

Penyerang tengah adalah pemain yang posisinya didekat gawang lawan. Center Forward ini biasanya disebut juga sebagai striker.


Striker mempunya 2 peran yaitu mencetak gol dan umpan-umpan yang diberikan pemain satu tim dan memberikan ruang untuk pemain gelandang dan sayap dengan cara mengalihkan perhatian pertahanan tim lawan.


Menjadi striker harus cerdas, kuat, dan berani. Striker harus memiliki skill mengontrol bola yang baik dan juga jago dalam duel perebutan bola di udara.


Penyerang sayap / Wing Forward (WF)

Penyerang sayap biasa disebut dengan second striker atau withdrawn striker. Pemain ini adalah seorang striker yang ditarik mundur dan melakukan penyerangan 


Pemain ini juga memiliki peran menciptakan gol. Selain itu penyerang sayap ini juga berfungsi membantu serangan dari sektor sayap dengan cara memberi umpan kepada striker.



Demikian penjelasan posisi pemain sepak bola beserta tugasnya. Bila ada salah silahkan berkomentar agar bisa saya perbaiki. Sekian terima kasih, semoga bermanfaat dan selamat belajar.



Baca juga:

Post a Comment for "Posisi pemain-pemain sepak bola beserta tugasnya"