Penjelasan sepak bola beserta sejarah, teknik, tujuan, dan peraturannya

penjelasan tentang sepak bola lengkap dengan sejarah sepak bola teknik sepak bola peraturan Sepak bola

Penjelasan Sepak bola lengkap dengan pengertian, sejarah, teknik, dan peraturan

A. Pengertian sepak bola

Apa yang dimaksud dengan sepak bola? Sepak bola adalah suatu cabang olahraga bola yang terdiri dari 2 tim dan setiap timnya terdiri dari 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti. Permainan sepak bola dimainkan dengan cara menendang bola yang bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Tim yang memasukkan bola ke gawang lawan paling banyak akan dianggap sebagai pemenang.

Menurut istilah sepak bola terdiri dari dua kata, yaitu sepak yang berarti menendang dan bola yang artinya suatu benda yang berbentuk bulat dan terbuat dari karet/kulit
Beberapa para ahli berikut juga berpendapat tentang definisi sepak bola:

1. Agus Salim
Agus Salim berpendapat bahwa pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu ditentukan olah asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

2. Soekatamsi
Soekamtasi (1994:3) berpendapat bahwa sepak bola adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan dimana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain (termasuk penjaga gawang).

3. Muhajir
Menurut muhajir, sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan vara menendang bola dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dan menjaga gawang sendiri agar lawan tidak dapat memasukkan bola ke gawang kita.

4. Luxbacher
Luxbacher (2008:2) juga berpendapat, sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan oleh 2 tim dimana 1 tim terdiri dari 11 pemain yang bertujuan mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang.

5. Remmy Muchtar
Remmy Muchtar (1992:27) mendefinisikan bahwa sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan mengelolah bola maupun dalam pengelolahan gerak tubuh dalam permainan.

B. Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan bermain sepak bola adalah untuk memasukkan bola kedalam gawang lawan sebanyak mungkin untuk mencapai kemenangan. Berikut adalah beberapa tujuan yang ingin dicapai setiap tim pada permainan sepak bola;

  • Menciptakan gol dengan memasukkan bola ke gawang lawan
  • Membentuk kerjasama tim yang baik agar permainan lebih solid
  • Membangun dan mejaga sportifitas antar pemain agar tetcipta permainan yang adil
  • Meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh
  • Meraih prestasi dunia dibidang olahraga khususnya sepak bola


C. Sejarah permainan sepak bola


Menurut sejarah, sepak bola sudah dikenal sejak abad ke-2 dan 3 sebelum masehi di tiongkok yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Han. Pada waktu itu masyarakat tiongkok bermain memggunakan bola kulit dan menendangnya ke dalam jaring kecil.
Selain di tingkok, permainan ini juga telah dikanal di beberapa negara lainnya seperti Jepang, Yunani, dan Roma. Pada masa itu negara Jepang, Yunana,dan Roma bermain peemainan ini (sepak bola) hanya untuk bersenang-senang.

Sepak bola modern mulai dikenal di Inggris dengan memberlakukan peraturan dan ketentuan sehingga permainan ini semakin populer dan semakin dikenal. Meskipun olahraga ini sempat dilarang karena dianggap mengandung unsur kekerasan, ternyata olahraga ini semakin lama semakin dikenal masyarakat dunia.

Dan pada akhirnya dibentuklah  FIFA Fédération Internationale de Football Association) pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. Apa itu FIFA? FIFA adalah badan pengendali Internasional sepak bola .

Lama kelamaan sepak bola menjadi suatu olah raga yang dipertandingkan antar negara untuk memperebutkan Piala Dunia. Pertandingan Piala Dunia pertama diadakan di Uruguay pada tahun 1930 dan dimenangkan oleh Uruguay.

Untuk lebih lengkapnya baca:
Sejarah Sepak bola di dunia dan di Indonesia

D. Teknik dasar bermain sepak bola


Setiap pamain sepak bola harus menguasai teknik-teknik dasar sepak bola. Teknik dasar sepak bola itu seperti; menendang bola, menggiring bola, menerima bola, menyundul bola, dan mengumpan bola. Berikut penjelasan tentang teknik-teknik dasar sepak bola:

1. Teknik menendang bola
Teknik dasar menendang bola adalah teknik yang paling penting bagi setiap pemain sepak bola. Ada beberapa teknik menendang bola yaitu sebagai berikut:

  • Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menendang bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menandang bola menggunakan punggung kaki

2. Teknik menghentikan/menerima bola
Teknik menghentikan/menerima bola ditujukan untuk menghentikan bola dan mengontrol bola baik diterima dari teman satu tim maupun dari tim musuh (merebut). Ada beberapa teknik menghrntikan/menerima bola yaitu sebagai berikut:

  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menghentikan bola menggunakan punggung kaki
  • Menghentikan bola menggunakan telapak kaki
  • Menghentikan bola menggunakan paha
  • Menghentikan bola menggunakan perut atau dada
  • Menghentikan bola menggunakan kelapa

3. Teknik menggiring bola
Teknik menggiring bola adalah teknik membawa/mendorong bola dengan cara menendang-nendang bola ke arah yang ditentukan. Ada beberapa cara melakukan teknik mengguring bola, diantaranya adalah:

  • Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menggiring bola menggunakan punggung kaki
  • Menggiring bola menggunakan kedua kaki secara bergantian

4 Teknik. Menyundul bola
Menyundul bola adalah gerakan mendorong bola menggunakan kepala ke arah yang telah ditentukan dimana bola saat berada pada posisi melayang di udara

5. Teknik mengumpan/mengoper bola
Teknik mengumpan bola adalah teknik menendang bola yang diarahkan ke teman satu tim. Terdapat beberapa cara untuk melakukan teknik mengumpan bola, diantaranya adalah:

  • Mengumpan/mengoper bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Mengumpan/mengoper bola menggunakan kaki bagian luar
  • Mengumpan/mengoper bola menggunakan punggung kaki
Untuk lebih jelasnnya baca:
Teknik dasar sepak bola beserta penjelasannya

E. Peraturan Dasar Sepak Bola


Dalam permainan sepak bola terdapat berbagai peraturan yang harus dipatuhi semua pihak. Beberapa peraturan yang harus dipatuhi antara lain; jumlah sepak bola, ukuran lapangan sepak bola, dan durasi permainan sepak bola. Berikut penjelasannya:

1. Jumlah Pemain sepak bola
Berapa jumlah pemain sepak bola dalam satu pertandingan? Dalam satu pertandingan terdapat 2 tim, dan satu tim terdiri dari 11 pemain inti. Dimana setiap pemain memiliki posisi masing-masing seperti penjaga gawang (keeper), pemain belakang (backing), pemain tengah/gelandang (midfielder), dan penyerang (striker). Adapun tugas dari setiap posisi tersebut adalah;

  • Penjaga gawang (keeper): bertugas menjaga gawang agar tidak kemasukan bola
  • Pemain bertahan (back): bertugas membantu keeper agar bola tidak sampai mendekati gawang yang menyebabkan kebobolan
  • Pemain tengah/gelandang (midfielder): bertugas membantu pemain bertahan dan pemain penyerang
  • Pemain sayap (winger): pemain yang bertugas mengendalikan permainan di area kiri atau kanan
  • Pemain penyerang (striker): pemain yang bertugas untuk mencetak gol/memasukkan bola ke gawang lawan

Setiap tim juga pasti memiliki seorang kapten, kapten bertugas untuk mengarahkan teman-teman satu timnya agar permainan dapat dikuasai dan lebih kerja sama.

2. Ukuran lapangan sepak bola
Tidak hanya jumlah tim, ukuran sepak bola juga ada ketentuan-ketentuan yang sudah ditentukan. Lapangan sepak bola biasanya berada di lapangan berumput. Pada bagian tepi atau dalam lapangan terdapat garis putih yang menjadi batas-batas bagian lapangan. Berikut standard lapangan sepak bola standart orang dewasa;
Panjang 100 – 120 meter
Lebar 65 – 75 meter
Lebar gawang 7,32 meter
Tinggi gawang 2,44 meter

3. Durasi permainan sepak bola
Menurut aturan sepak bola internasional, durasi waktu pertandingan sepak bola adalah 2x45menit (2 babak) dan 1-5menit tambahan di setiap babak yang ditentukan wasit.

Namun jika dilakukan pertandingan dengan sistem gugur maka dalam pertandingan tersebut harus ada satu tim yang menang. Jika dalam 1 pertandingan (2 babak) skor masih imbang bahkan sudah diberikan waktu tambahan, maka aka diadakan 2 babak tambahan dengan waktu 15 menit di setiap babak. Dan jika skor masih sama, maka akan di adakan adu pinalti sampai salah satu tim menang



Demikian penjelasan tentang pengertian sepak bola lengkap dengan sejarah, teknik, peraturannya. Jika ada yang kurang lengkap mohon maaf yang sebesar-besarnya dan silahkan masukkan masukan anda untuk saya di kolom komentar. Terima kasih dan selamat belajar

Baca juga:

Post a Comment for "Penjelasan sepak bola beserta sejarah, teknik, tujuan, dan peraturannya"