9 Teknik dasar bermain sepak bola beserta penjelasannya

Teknik dasar bermain sepak bola dan penjelasannya


teknik dasar bermain sepak bola beserta penjelasannya

Kalian pasti tahu kan olahraga yang satu ini? Olahraga sepak bola ini merupakan olahraga yang sangat populer di dunia. Sepak bola adalah olahraga yang di mainkan oleh 2 tim yang setiap timnya beranggota 11 orang. Untuk mendapatkan poin mereka harus memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Untuk dapat melakukannya setiap pemain harus bekerja sama dengan baik dan menguasai teknik-teknik dalam sepak bola seperti menggiring, mengumpan, menembak ke gawang dan sebagainya.

Berikut ini teknik-teknik dasar bermain sepak bola yang perlu dikuasai untuk menjadi pemain yang profesional.

  1. Teknik Menggiring bola (dribbling)
  2. Teknik Menendang bola (kicking)
  3. Teknik Mengoper bola (passing)
  4. Teknik Menghentikan bola (stopping)
  5. Teknik Menyundul bola (heading)
  6. Teknik Merebut bola (intercepting)
  7. Teknik Menyapu bola (sliding tackel)
  8. Teknik Menangkap bola (Goal Keeping)
  9. Teknik Lemparan ke dalam (throw ini)
Dan berikut penjelasan dari teknik-teknik di atas

1. Menggiring Bola (dribbling)

Menggiring bola (dribbling), adalah teknik membawa bola menggunakan kaki dengan cara menendang-nendang bola ke arah yang diinginkan. Saat kita tidak dapat mengoper bola ke teman maka kita harus mempertahankan bola dengan menggiringnya. Maka dari itu setiap pemain wajib menguasai teknik dribbling.
Berdasarkan situasinya dribbling atau menggiring bola dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, closed dribbling dan speed dribbling.
1. Closed dribbling
Closed dribbling adalah teknik menggiring bola yang dilakukan dengan cara mengontrol penuh bola saat posisi tidak benar-benar aman dari rebutan lawan. Jadi bola tidak boleh berada lebih dari satu meter dari posisi kita.
2. Speed dribbling
Speed dribbling adalah teknik menggiring bola dengan cepat dengan cara menendang-nendang bola ke depan dan mengejarnya secepat-cepatnya. Hal ini dapat dilakukan ketika kita bebas dari rebutan lawan.

Disaat kita berada agak jauh dari lawan maka lakukanlah speed dribbling ke arah daerah lawan yang kosong. Tetapi jika kita berada pada posisi rebutan lawan atau di dekat lawan maka lakukanlah closed dribbling, jagalah bola agar tetap berada di kakimu.


2. Menendang Bola (kicking)

Menendang bola (kicking), adalah teknik yang paling utama dalam permainan sepak bola. Teknik menendang digunakan untuk mengoper, menendang bola ke gawang, menggiring.
Secara umum teknik menendang bola dibagi menjadi 3 yaitu

  • Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menendang bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menendang bola menggunakan kaki bagian punggung (kura-kura)


3. Mengoper Bola

 Mengoper bola (passing), adalah teknik mengumpan bola ke teman satu tim dengan cara menendang bola. Teknik mengumpan harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik mengumpan ini juga yang menunjukkan bentuk kerja sama kita. Teknik ini juga lebih efektif jika dibandingkan dengan teknik menggiring. Hal ini dikarenakan teknik mengoper ini akan membuat stamina yang dibutuhkan lebih sedikit dan dapat membuat lawan kelelahan mengejar bola yang diumpan-umpan.
Cara mengoper bola dengan kaki bagian, dalam, luar, dan punggung kaki

4. Menghentikan Bola (stripping)

Menghentikan bola (stopping), adalah teknik yang bertujuan untuk mengontrol bola yang diterima dari operan teman satu tim. Menghentikan bola juga berguna untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan mempermudah melakukan passing.
Menghentikan bola dapat dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan kaki bagian punggung. Dan bisa juga menggunakan paha, dada, ataupun perut.
Cara menghentikan bola lengkap

5. Teknik Menyundul Bola

Menyundul bola (heading), adalah teknik menerima bola lambung menggunakan sundulan kepala. Tidak hanya itu, sundulan kepala juga berguna untuk mencetak gol, mengoper bola, mematahkan serangan lawan, dan membuang bola. Terbukti banyak gol yang diciptakan dari sundulan kepala.
Sundulan dapat dilakukan dengan berdiri ataupun meloncat. Sundulan kepala harus mengenai dahi bukan ubun-ubun. Dan pemain harus sadar bahwa mereka yang Menyundul bola bukan bola yang mengenai mereka.

6. Teknik Merebut Bola (Intercepting)

Merebut bola (intercepting), adalah teknik merebut bola dari kaki lawan. Untuk merebut bola kita perlu membaca gerakan lawan dan membaca gerakan bola dibandingkan dengan berhadapan fisik secara langsung. Hal yang paling gampang untuk merebut bola adalah merebut bola ketika lawan melakukan long pass atau umpan panjang.

7. Teknik Menyapu Bola

Menyapu bola (sliding tackel), adalah teknik merebut bola dengan cara menyapu bola dari bawah dengan cepat dan tepat. Teknik ini juga harus dilakukan dengan meluncurkan dan menjatuhkan badan ke rumput. Teknik sliding tackel ini cukup rawan dilakukan sehingga beresiko mendapatkan kartu pelanggaran.
Untuk melakukan sliding tackel kita perlu memperhitungkan waktu yang tepat. Sliding tackel tidak boleh dilakukan dari belakang lawan, tackel dengan sikap menggunting, dan mengangkat kaki ke atas ketika melakukan tackling. Karena jika itu semua dilakukan maka beresiko mendapatkan kartu pelanggaran dari wasit.

8. Teknik menangkap bola (Goal Keping)

Teknik menangkap bola adalah teknik yang hanya dilakukan oleh keeper untuk menjaga gawang dengan menangkap bola yang akan masuk ke gawang. Teknik ini hanya dilakukan oleh keeper karena hanya keeper yang diperbolehkan menyentuh bola menggunakan tangan selama pertandingan berlangsung. Untuk melatih tangkapan dapat dilakukan dengan latihan menangkap tendangan pinalti.

9. Teknik Dasar Lemparan ke Dalam

Teknik melempar ke dalam adalah teknik yang dilakukan dengan melempar bola ke dalam lapangan menggunakan kedua tangan. Hal ini dilakukan ketika bola keluar lapangan melalui garis samping lapangan. Lemparan ke dalam dilakukan oleh pemain tim yang tidak menyentuh bola terakhir sebelum bola keluar lapangan.
Berikut ketentuan-ketentuan  lemparan ke dalam pada permainan sepak bola
Bola dilempar menggunakan kedua tangan dan harus melewati atas kepala.
Kedua kaki harus tetap mengikuti atau menempel di atas Tanak ketika bola dilempar.
Setelah lemparan dilakukan maka pertandingan dapat dilanjutkan kembali. Ada 3 posisi kaki yang dapat dilakukan ketika melakukan lemparan ke dalam. Yaitu, kedua kaki sejajar rapat, satu kaki ke depan atau ke belakang, dan kedua kaki dibuka lebar.

Demikian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan selamat berlatih..

Baca juga:

1 comment for "9 Teknik dasar bermain sepak bola beserta penjelasannya"

Anonymous 11 October 2018 at 21:05 Delete Comment
Jos