Pengertian Lay up dan cara melakukannya

Pengertian Lay up


 Pengertian Lay Up dan cara melakukannya


Teknik lay up merupakan teknik yang sudah tidak asing lagi bagi orang yang mengerti permainan bola basket. Teknik lay up ini merupakan teknik dasar bola basket yang perlu dikuasai oleh pemain bola basket. 


Istilah lay up atau lay up shoot dikenal juga sebagai "tembakan melayang", yaitu memasukkan bola ke dalam jaring dengan melompat didekat bawah jaring dan memasukkan bola menggunakan tangan kanan maupun kiri. Lay up merupakan teknik yang paling sering digunakan untuk mendapatkan poin.


Untuk bisa melakukan lay up diperlukan latihan yang rutin. Nah, kali ini saya akan menjelaskan secara rinci bagaimana cara melakukan lay up yang benar untuk bisa kamu pelajari. 


Cara melakukan lay up

Dalam permainan bola basket lay up harus dikuasai setiap pemain. Untuk bisa menguasai lay up yang perlu dikuasai terlebih dahulu adalah menggiring bola atau mendribling bola. Karena teknik dribling adalah teknik yang menunjang keberhasilan saat melakukan lay up. Berikut ini langkah-langkah melakukan lay up:

Cara melakukan lay up


1. Cara melakukan lay up menggunakan tangan kanan

  1. Dribling bola dari garis tembakan bebas
  2. Dribling bola dengan berlari
  3. Tingkatkan kecepatan lari sambil dribling saat mendekati ring
  4. Lanjutkan dengan tolakan dan melompat dengan tumpuan menggunakan kaki kiri
  5. Saat melompat, angkat lutut sebelah kanan
  6. Kemudian tembakkan bola ke dalam jaring menggunakan tangan kanan

Saat menembak, usahakan mengarah ke titik strategis, yaitu sebelah kanan persegi pada papan pantul. Karena pada titik tersebut dapat meredam pantulan bola dan akan menjatuhkan bola ke dalam ring.


2. Cara melakukan lay up menggunakan tangan kiri

  1. Dribling bola dari garis tembakan bebas
  2. Dribling bola dengan berlari
  3. Tingkatkan kecepatan lari sambil dribling saat mendekati ring
  4. Lanjutkan dengan tolakan dan melompat dengan tumpuan menggunakan kaki kanan
  5. Saat melompat, angkat lutut sebelah kiri
  6. Kemudian tembakkan bola ke dalam jaring menggunakan tangan kiri

Saat menembak, usahakan mengarah ke titik strategis, yaitu sebelah kiri persegi pada papan pantul. Karena pada titik tersebut dapat meredam pantulan bola dan akan menjatuhkan bola ke dalam ring.


Saat melakukan teknik lay up, tubuh harus rileks dan tidak kaku. Karena jika dilakukan dengan kaku atau tegang maka tembakan bola akan tidak sempurna bahkan bisa menjadi jauh dari sasaran yang diharapkan.


Macam-macam lay up

Lay up bola basket adalah teknik yang sangat menarik. Ada beberapa macam teknik lay up. Berikut macam-macam lay up dan pengertiannya:


Reverse lay up, teknik lay up ini dilakukan seseorang dengan menggunakan sisi yang berlawanan dengan lay up biasa saat menembakkan bola.


Power lay up, teknik ini dilakukan dengan cara menembakkan bola menggunakan kedua tangan dengan jarak yang cukup dekat dengan ring.


Cara meningkatkan skill lay up bola basket

Seperti yang sudah disampaikan diatas, untuk bisa menguasai lay up diperlukan latihan yang rutin. Bahkan jika anda sudah bisa melakukannya, anda juga perlu meningkatkan kemampuan lay up bola basket. Berikut 5 cara meningkatkan kemampuan lay up.


1. Jumping (Melompat)

Teknik lay up adalah teknik bola basket yang membutuhkan lompatan relatif tinggi sehingga bisa mengarahkan bola ke papan dan masuk ke ring. Hal ini juga membuat anda lebih banyak waktu untuk melakukan langkah-langkah teknik lay up tanpa melakukan pelanggaran Travelling violation.


2. Menyentuh papan

Salah satu untuk melatih kemampuan lay up adalah berdiri dibawah ring dan terus melompat menyentuh papan. Teknik ini efisien untuk pemain yang lebih pendek. Jika pemain dapat melakukan ini dengan tangannya. Maka pemain akan dapat dengan mudah melakukan lay up.


3. Lari dan sentuh papan

Setelah anda menguasai melompat-lompat menyentuh papan ring, selanjutnya lakukan ini dengan berlari. Jadi sebelumnya tentukan dulu posisi papan yang akan disentuh, kemudian berlarilah dari garis tengah ke arah ring lalu melompat dan menyentuh papan.


4. Dribling dengan bola

Setelah mampu berlari dan melompat, anda bisa mencobanya dengan mendribling bola. Jadi anda berdiri digaris tengah lalu mendribling ke arah ring dan melompat membawa bola.


5. Penempatan bola

Saat melakukan lay up pastikan bola memantul tepat pada tengah-tengah kotak papan. Semakin tepat anda memantulkan bola ke kotak maka akan semakin tinggi peluang masuknya bola ke dalam ring 



Demikian penjelasan teknik lay up dan cara melakukannya. Perlu diingat, untuk menguasai lay up diperlukan latihan yang rutin. Sekian terima kasih.


Baca juga

Post a Comment for "Pengertian Lay up dan cara melakukannya"